Senin, 14 Februari 2011

chocolate pie

Bahan Pie :
- 75 gr mentega asin
- 120 gr tepung terigu protein sedang
- 30 gr almond bubuk
- 2 sdm gula halus
- 1/4 sdt garam halus
- 1 kuning telur

- 2 sdm air es

Bahan Custard Filling:

- 2 kuning telur
- 1 sdm gula kastor
- 100 gr dark cooking chocolate

- 150 ml krim kental

- 125 ml susu cair
- 1 sdm tepung custard

Bahan Topping Ganache:
- 100 ml krim kental
- 150 gr dark cooking chocolate


Cara membuat:
  1. Taruh tepung, gula, garam di dalam wadah dan aduk sampai tercampur rata. Tambahkan mentega dan aduk menggunakan jari-jari tangan atau sendok garpu sampai terbentuk butiran kasar, tambahkan kuning telur dan air es perlahan sambil diaduk sampai membentuk gumpalan yg dapat digiling. Bungkus dalam cling wrap dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 15-20 menit.
  2. Panaskan oven dgn panas 375 F. Giling adonan kulit membentuk bulat sesuai dgn ukuran ring pie. Letakkan adonan merata dan sisihkan kelebihannya. Tusuk2 dgn garpu.
  3. Panggang sekitar 15 menit sampai kulit agak kekuningan.
  4. Sementara itu untuk membuat custard fillingnya, campur telur, tepung custard dan gula dalam panci, Tambahkan coklat, krim, dan susu dan aduk dgn api rendah. Aduk sekali-sekali sampai coklat meleleh dan campuran krim tadi menjadi licin. Angkat dari api.
  5. Tuang adonan filling ke dlm kulit pie lalu panggang sekitar 20 menit atau sampai custardnya kelihatan kokoh. Angkat dari oven.
  6. Buat bahan ganachenya. Panaskan krim asal panas saja, jangan sampai mendidih, lalu masukkan cincangan dark cooking tadi, aduk sampai licin. Tuang ke atas custard filling. Dinginkan.
  7. Simpan dalam kulkas sampai dingin.
  8. Sajikan di atas piring dengan serutan coklat dan taburan gula icing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar